Saturday 10 August 2013

Ilmuwan muslim diakui oleh para ilmuwan barat


Islam adalah agama yang sangat menekankan pentingnya mengembangkan ilmu pengetahuan. Sehingga, ketika islam mencapai puncak kejayaan, ilmu pengetahuan juga mencapai puncak keemasan yang ditandai dengan lahirnya para ilmuwan besar yang berhasil meletakan dasar - dasar ilmu pengetahuan modern yang saat ini dikembangkan oleh para ilmuan barat.

Kontribusi para ilmuan muslim dalam pengembangan ilmu pengetahuan juga diakui oleh para ilmuan barat. Prof. G. Margoliouth dalam De Karancht van den islam. Menuliskan, " Penyelidikan telah menunjukan bahwa yang diketahui sarjana - sarjana eropa tentang falsafah, astronomi, ilmu pasti, dan ilmu pengetahuan semacam itu, selama beberapa abad sebelum renaissance, secara garis besar datang dari buku - buku latin yang berasal dari bahasa arab. Dan, meskipun secara tidak langsung Al-Qur'an lah yang memberikan dorongan pertama untuk studi - studi itu diantara orang - orang arab dan kawan - kawan mereka."

Gul labum, salah seorang peneliti prancis menyatakan, "Wahai manusia, kajilah Al - Qur'an secara mendalam, sampai kalian menemukan hakekat kebenarannya. Sebab, setiap ilmu pengetahuan dan seni budaya yang pernah dicapai oleh bangsa arab, fondasinya adalah Al-Qur'an. 

Hendaknya, setiap penduduk dunia, dari beragam warna dan bahasa, mau melihat secara obyektif kondisi dunia zaman awal, serta mengkaji lembaran - lembaran ilmu pengetahuan dan penemuan sebelum islam. Maka, kalian akan mengetahui bahwa ilmu pengetahuan dan penemuan tidak pernah sampai pada penduduk bumi, kecuali setelah ditemukan dan disebarluaskan oleh kaum muslimin yang mereka eksplorasi dari Al-Qur'an. Kitab ini laksana lautan pengetahuan yang mengalir dijutaan anak sungai, tetap hidup, dan setiap orang mampu meneguk kesejukannya sesuai dengan kesungguhan dan kemampuan masing - masing." 

Dari beberapa penjelasan diatas, tidak diragukan lagi bahwa islam merupakan agama yang ilmiah dan mendorong perkembangan ilmu pengetahuan. Tujuan akhir dari semua itu ialah untuk memahami kebesaran Allah Swt. 

"Begawan ainun"

Reverensi : islam itu sangat ilmiah. Agus Susanto 2012

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More